Macam-Macam Cara Umat Hindu di Luar Bali Merayakan Nyepi

Macam-Macam Cara Umat Hindu di Luar Bali Merayakan Nyepi

Last update: 12-Mar-2021

Nyepi merupakan hari yang penting bagi umat Hindu. Hari yang juga merupakan perayaan pergantian Tahun Saka tersebut dianggap sebagai hari penyucian ulang para dewa, manusia, dana lam semesta. Menghormati hal tersebut, Umat Hindu biasanya akan menyepi, menghentikan segala kesibukan, dan berpuasa. 

Suasana nyepi akan sangat terasa kalau kamu kebetulan berada di Bali. Tempat-tempat wisata ditutup total, jalanan sepi tanpa ada kendaraan yang lalu lalang, rumah-rumah dan beberapa fasilitas umum bahkan tampak gelap karena lampu dipadamkan. Tapi pernahkah kamu membayangkan cara Umat Hindu di luar Bali merayakan Nyepi?

 

Amati Geni 


Amati Geni berarti tidak menyalakan api. Upaya ini jelas bisa dilakukan oleh umat Hindu yang tinggal di luar Bali. Selama perayaan nyepi kegiatan seperti memasak, membakar sampah, dan berbagai kegiatan lain yang melibatkan api akan ditiadakan. 

Tidak menyalakan api, termasuk untuk masak, selama kurang lebih 24 jam ini tidak menjadi masalah karena di hari yang sama Umat Hindu dianjurkan untuk berpuasa. Amati Geni memiliki makna membiarkan alam semesta bekerja sebagai mana mestinya tanpa campur tangan manusia. 

 

Amati Karya 


Amati Karya berarti selama Nyepi Umat Hindu harus meninggalkan dulu pekerjaan dan rutinitas yang lazimnya dilakukan di hari-hari biasa. Prosesi ini bermakna mengistirahatkan indera yang sudah setahun lamanya dipakai bekerja.

Melakukan Amati Karya saat Nyepi di Bali tentu bukan perkara sulit karena semua institusi pasti memahaminya. Sementara untuk melancarkan prosesi ini di luar Bali dibutuhkan rasa toleransi yang tinggi.

 

Amati Lelungaan 


Amati Lelungaan berarti tidak bepergian. Jadi, selama Nyepi semua umat Hindu termasuk yang ada di luar Bali dianjurkan untuk berdiam diri di rumah selama 24 jam. Makna dari prosesi ini adalah mengistirahatkan dan mensucikan kembali seluruh tubuh. 

Umat Hindu biasanya mengisi Amati Lelungaan ini dengan tidur. Prosesi ini jelas punya efek yang positif bagi tubuh, karena tubuh akhirnya punya waktu untuk istirahat total dari semua rutinitas sehari-hari. 

 

Amati Lelanguan 


Amati Lelanguan berarti meninggalkan segala macam hiburan. Tidak ada kegiatan menonton TV, bermain game, jalan-jalan ke mall dan lain-lain. Sebaik-baiknya pemanfaatan prosesi ini adalah untuk merenung dan mengevaluasi apa-apa yang sudah dilakukan setahun ke belakang. 

Umat Hindu di luar Bali biasanya melakukan prosesi Nyepi yang satu ini dengan berdiam diri di rumah dan berdoa bersama keluarga. Menghindari hal-hal duniawi selama 24 jam tentu tidak berlebihan setelah kita menikmati banyak hal setiap harinya. 


Meskipun hal-hal di atas akan terasa lebih khidmat ketika dilakukan di Bali, namun pelaksanaannya saat Nyepi tetap penting bagi seluruh Umat Hindu di seluruh dunia. So, Selamat Nyepi untuk TSM Lovers yang merayakan di manapun berada!

Back
About Us   |   Contact Us   |   Event   |   Deals   |   TSM Loyalty   |   What's New   |   Shop   |   Experience   |   Privacy Policy   |   Terms & Conditions
Copyright © 2018. Trans Studio Mall. All rights reserved.