Tingkat Kematangan Steak yang Harus Kamu Tahu

Tingkat Kematangan Steak yang Harus Kamu Tahu

Last update: 25-Sep-2020

Steak adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati daging sapi. Tentunya setiap orang punya selera yang berbeda-beda dalam memilih jenis dagingnya. Ada yang suka sirloin, tenderloin, rib eye, dan lain-lain. 

Memperhatikan tingkat kematangan steak juga penting, loh, untuk memastikan steak kamu benar-benar sesuai selera. Masih kurang paham dengan macam-macam tingkat kematangan steak? Jangan khawatir. Yuk simak penjelasan berikut ini!
 

Rare 


Tingkat kematangan steak yang pertama adalah rare alias dagingnya masih hampir mentah. Kalau kamu memesan steak dengan tingkat kematangan ini kamu akan mendapatkan daging yang matang di bagian luarnya saja. Sementara bagian dalamnya masih mentah dengan warna merah daging yang terlihat nyata. 

Kelebihan dari memesan steak dengan tingkat kematangan rare adalah kamu akan mendapatkan daging yang super empuk dan juicy. Kalau ingin memesan steak ini pastikan kamu siap melihat daging yang warna merah dan mengeluarkan minyak yang masih bercampur sedikit darah ketika diiris. 
 

Medium Rare 


Nah kalau medium rare hanya sedikit lebih matang dari rare. Tapi kamu masih akan mendapatkan tekstur daging yang empuk dan juicy. Lebih dari setengah bagian daging medium rare masih dalam keadaan mentah, loh. 

Kalau masih takut enek ketika memesan daging medium rare sebaiknya kamu menyiapkan menu pendamping yang segar. Salad yang dicampur sedikit dressing bisa jadi pilihan yang tepat. 
 

Medium 


Ini dia tingkat kematangan steak paling enak. Lebih dari setengah bagian dagingnya sudah matang. Tapi kamu masih akan melihat bagian daging yang berwarna merah ketika mengiris steak tepat di tengah. 

Steak dengan tingkat kematangan medium rare sudah pasti tidak se-juicy rare atau medium rare. Walaupun begitu dagingnya tetap terasa empuk dan sangat lezat ketika disantap. Supaya semakin sedap di lidah jangan lupa tambahkan saus steak kesukaanmu. 
 

Medium Well 


Pada tingkat kematangan steak medium well hampir seluruh bagian daging sudah matang dengan sempurna. Hanya sedikit daging di bagian dalam saja yang masih terlihat berwarna merah. Kamu bisa mengenali steak medium well dari seluruh permukaan daging yang sudah berwarna coklat. 

Jika ingin memesan medium well sebaiknya kamu memilih daging has luar atau sirloin. Banyaknya lemak di jenis daging tersebut memang membuatnya perlu dimasak dengan waktu yang lebih lama dibanding tenderloin. 
 

Well Done 


Kalau kamu suka tingkat kematangan steak yang tidak menyisakan warna merah sama sekali berarti kamu wajib pesan well done. Warna steak dengan tingkat kematangan well done lebih coklat dibanding medium well. Sekalipun dagingnya sudah kamu belah sampai bagian terdalam kamu tidak akan lagi menemukan daging yang masih mentah dan berwarna kemerahan. 

Mengkonsumsi steak well done paling enak ditemani mashed potato dan saus jamur atau blackpapper. Pastikan kamu langsung mengkonsumsinya sesaat setelah daging dihidangkan.


Tak perlu jauh-jauh kalau ingin mencicipi steak dengan aneka tingkat kematangan yang lezat. Kamu bisa langsung datang ke Steak 21 atau Holy Steak yang ada di Trans Studio Mall Cibubur dan langsung pesan menu favoritmu!
 

Back
About Us   |   Contact Us   |   Event   |   Deals   |   TSM Loyalty   |   What's New   |   Shop   |   Experience   |   Privacy Policy   |   Terms & Conditions
Copyright © 2018. Trans Studio Mall. All rights reserved.