Mengenal Takoyaki, Si Bulat dari Osaka yang Menggugah Selera

Mengenal Takoyaki, Si Bulat dari Osaka yang Menggugah Selera

Last update: 06-Nov-2019

Mengenal Takoyaki, Si Bulat dari Osaka yang Menggugah Selera


Jika kamu mendengar kata Takoyaki, pasti akan terbayang di benak dengan sebuah sajian lezat yang dibuat dari adonan tepung dan telur yang diisi potongan daging gurita yang lembut. Ditambah dengan siraman saus khas Jepang dan mayonnaise, membuat kudapan asal Osaka, Jepang ini semakin lezat dan begitu menggugah selera.

Namun, tahukah kamu ternyata Takoyaki sudah ada sejak abad-17 di Jepang? Sebagai salah satu makanan yang bisa dibilang cukup melegenda, Takoyaki memiliki beberapa fakta yang menarik untuk diketahui. Berikut beberapa fakta mengenai Takoyaki yang perlu kamu ketahui.


Mengenal Arti Nama Takoyaki


Takoyaki secara harfiah berasal dari dua kata dalam bahasa Jepang, yaitu tako yang merujuk pada gurita dan yaki artinya adalah dipanggang atau digoreng. Yaki atau yaku yang artinya memanggang memang merupakan salah satu teknik memasak yang paling sering digunakan dalam dunia kuliner di Jepang. 

Selain takoyaki, terdapat beberapa makanan Jepang yang diolah juga dengan cara dipanggang ataupun digoreng yaitu yakitori atau ayam goreng, pancake sayur Jepang okonomiyaki, yakisoba, dan masih banyak lagi lainnya.


Merupakan Makanan Utama Saat Gempa Jepang Terjadi Pada 1923


Saat gempa dahsyat berkekuatan menimpa Jepang pada tahun 1923 lalu, Jepang dilanda krisis makanan yang cukup parah. Bahkan persediaan bahan makanan untuk para pengungsi habis dan yang tersisa hanyalah tepung. 

Maka dari itu, untuk menyingkirkan rasa lapar beberapa relawan membuat pancake bulat sederhana yang dibuat dari tepung dan air. Setelah bangkit dari bencana, warga Jepang tetap membuat pancake bundar nan lezat itu yang hingga kini dikenal dengan nama takoyaki dengan berbagai tambahan isi seperti daging dan juga seafood.

Baca Juga: Rekomendasi Restoran Sushi Terbaik di Trans Studio Mall Cibubur


Salah Satu Ikon Kota Osaka, Jepang


Takoyaki bisa dibilang merupakan salah satu makanan klasik khas Osaka yang masih populer hingga saat ini. Bahkan karena begitu digemari, Takoyaki ditetapkan sebagai ikon makanan di Kota Osaka, Jepang ini. Menjadi salah satu kudapan yang paling favorit, sebagian besar warga Osaka bahkan memiliki wajan khusus sendiri untuk membuat takoyaki di rumah yang sering disajikan dalam acara-acara penting.


Dikenal Sebagai Makanan Festival


Selain sering disebut sebagai ikonnya Kota Osaka, Takoyaki juga sering dikenal sebagai makanan yang sering disajikan saat festival dan berbagai acara besar di Jepang. Bahkan, bagi para penggemar Baseball di Jepang sering menjadikan Takoyaki sebagai kudapan ringan yang wajib dibawa saat menonton pertandingan di stadion.


Tomekichi Endo Merupakan Gerai Takoyaki Pertama di Jepang


Tomekichi Endo bisa dibilang merupakan gerai takoyaki peryama dan tertua yang ada di Osaka, Jepang. Didirikan sejak tahun 1935, Takoyaki di Tomekichi Endo ini selalu ramai diburu oleh para pecinta Takoyaki yang bercitarasa unik dan lezat. 

Itulah beberapa fakta unik dan menarik mengenai Takoyaki. Bagi kamu para pecinta makanan khas Osaka, Jepang ini juga bisa mencicipi Takoyaki di Trans Studio Mall Cibubur, tepatnya di Gerai Gindaco. 

Gindaco merupakan salah satu gerai Takoyaki yang terkenal di Jepang dan akan membawa kamu merasakan lezatnya sajian Takoyaki seperti di negara asalnya. Yuk tunggu apa lagi, segera kunjungi Trans Studio Mall Cibubur untuk berburu aneka sajian kuliner lezat yang menggugah selera!

Back
About Us   |   Contact Us   |   Event   |   Deals   |   TSM Loyalty   |   What's New   |   Shop   |   Experience   |   Privacy Policy   |   Terms & Conditions
Copyright © 2018. Trans Studio Mall. All rights reserved.